Home » » Manfaat Vitamin B12

Manfaat Vitamin B12

Info.OI - Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan merupakan bagian dari vitamin B complex yang mengandung kobalt, sehingga disebut sebagai sianocobalamin. Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, perbaikan sel dan jaringan yang rusak, sintesis DNA, pemeliharaan sistem syaraf, dan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak.
Vitamin B12 penting dalam pembuatan sel darah merah. Bila seorang kekurangan vitamin ini, ia akan menderita berbagai jenis anemia. Pasien itu mungkin merasa nyeri, kaku pada tantgan dan kaki dan mungkin mengalami setengah lumpuh.
Vitamin B12 banyak terdapat dalam sumber makanan hewani seperti ikan, daging sapi, daging ayam, telur, susu, dan produk susu. Sedangkan asam folat banyak terdapat pada buah, sayuran berdaun hijau, dan berbagai makanan yang telah diperkaya asam folat seperti roti, sereal, tepung, pasta, dan produk gandum lainnya. Pola makan yang seimbang dapat mencukupi kebutuhan vitamin B12 dan asam folat bagi sebagian besar orang. Namun, ibu hamil perlu mendapat perhatian khusus karena membutuhkan asam folat yang lebih tinggi. WHO merekomendasikan setiap ibu hamil mengonsumsi suplemen asam folat 400 µg untuk mencegah cacat bawaan pada janin.

0 komentar:

Download

Popular Posts

Arsip Blog

Sample Text