Home » » 10 Momen Sepakbola Terbaik 2012

10 Momen Sepakbola Terbaik 2012



 

6. Andres Iniesta

Di era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sekarang ini, nyaris semua penghargaan pemain terbaik jatuh ke tangan dua pemain terbaik itu. Tapi Andres Iniseta mematahkan 'mitos' tersebut saat dia terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa. Iniesta mengalahkan Messi dan Ronaldo dalam event penghargaan bikinan UEFA sebagai ganti Ballon d'Or itu.

Iniesta dianggap layak terpilih sebagai pemenang terkait kontribusinya di timnas Spanyol, di mana dia mengantar negaranya menjuarai Piala Eropa untuk kali kedua secara beruntun dan terpilih sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut. Di Barcelona, Iniesta memberi klubnya trofi Copa del Rey.



7. Robin van Persie
Kepergian Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva dari AC Milan ke Paris Saint Germain menjadi transfer dengan nilai terbesar di bursa musim panas 2012. Tapi kepindahan Robin van Persie dari Arsenal ke Manchester United adalah yang paling menyita perhatian, itu terkait rivalitas The Gunners dan The Red Devils.

Meski tampil luar biasa impresif dengan mencetak 30 gol di musim 2011/2012, Arsenal tak kuasa menahan keinginan bintangnya untuk pergi. Dan Van Persie pun akhirnya berganti seragam dengan banderol 24 juta poundsterling.

Awalnya diprediksi bakal kesulitan beradaptasi dan bakal seret bikin gol di Old Trafford, Van Persie justru jadi mesin gol utama Sir Alex Ferguson di paruh pertama awal musim ini. Sejauh ini, dari 17 pertandingan di Premier League dia sudah melesakkan 12 gol.


8. Lionel Messi

Satu lagi rekor dibuat Lionel Messi di tahun 2012 ini. Torehan spesial yang dibuat pesepakbola Argentina ini adalah terkait produktivitasnya setelah dia membuat 91 gol sepanjang tahun kalender 2012. Messi pun menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak sepanjang satu tahun kalender, mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat legenda sepabola Jerman Gerd Mueller yang pada tahun 1972 melesakkan 85 gol. Sementara Pele di tahun 1958 berhasil membuat 75 gol.
Dari seluruh gol Messi tersebut, 79 di antaranya dibuat Messi dalam seragam Barcelona. Sementara 12 lainnya dilesakkan saat membela Argentina.



  9. Zlatan Ibrahimovic
Kepergiannya dari AC Milan ke Paris Saint Germain sudah menjadi salah satu berita besar di bursa transfer musim panas lalu. Tapi yang spesial dari Ibra bukan cuma itu. Salah satu momen terbaik yang melibatkan mantan pemain Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan dan Barcelona itu justru terjadi saat dia membela tim nasional Swedia, dalam sebuah pertandingan ujicoba menghadapi Inggris.

Ibra kalah cepat saat mengejar sebuah umpan panjang dari tengah lapangan karena di depan kotak penalti Joe Hart dengan sigap menanduk bola menjauhi wilayahnya. Tapi karena si kulit bundar melayang tak terlalu jauh Ibra langsung berbalik badan dan mengejarnya. Sadar Hart belum kembali ke posisinya, Ibra tak membuang waktu dan langsung melepaskan tendangan overhead. Bola yang disepak Ibra secara akrobatik dari jarak sekitar 27 meter itu melambung tinggi dan masuk ke gawang.
Di akhir pertandingan Swedia menang 4-2. Dengan seluruh gol Swedia diborong Ibra!

10. Borussia Dortmund

Berbekal skuad muda usia, Borussia Dortmund berhasil untuk kali kedua secara beruntun menjuarai Liga Jerman. Mereka menyudahi musim 2011/2012 dengan poin 81, unggul delapan angka dari Bayern Munich di posisi kedua. Dari 34 pertandingan di sepanjang musim, Dortmund memetik 25 kemenangan, enam hasil imbang dan tiga kali kalah.

Robert Lewandowski, Shinji Kagawa sampai Kevin Grosskreutz dan Mats Hummels menjadi pilar Die Borussen menguasai Bunderliga. Kontribusi besar dari nama-nama tersebut juga memberi Dortmund gelar DFP Pokal, yang pertama dalam 23 tahun terakhir.


Download

Popular Posts

Arsip Blog

Sample Text