Home » » Hal yang Pengaruhi Kesuburan Wanita

Hal yang Pengaruhi Kesuburan Wanita


Ilustrasi

Info.OI – Masalah kesuburan menjadi hal utama untuk mendapatkan keturunan, dan faktanya 12 persen wanita mengalami masalah infertilitas (tidak subur). Banyak wanita yang dapat hamil dengan mudah, namun ada sebagian wanita pula yang harus berusaha dengan segala upaya untuk bisa hamil.idak ada waktu terlambat bagi Anda untuk mempelajari kesehatan alat reproduksi dan mendapat pengetahuan mengenai tips agar Anda dapat hamil dengan mudah. Bahkan jika saat ini Anda belum menikah, pengetahuan ini wajib Anda ketahui sebagai ‘bekal’.

1. Seks Teratur
Tentu hal ini memang menjadi salah satu faktor penentu kehamilan. walaupun hanya pada satu titik. Rata-rata sekitar sekitar setengah dari pasangan akan mencoba untuk hamil dan melakukan metode ini dalam waktu enam bulan, namun jika Anda dan pasangan melakukan hubungan intim kurang dari satu kali dalam seminggu, ada penurunan peluang untuk hamil dari 50 persen menjadi 18 persen saja.
Jika Anda berhubungan untuk setidaknya tiga kali seminggu, peluang untuk mendapat kehamilan meningkat sekitar 80 persen. Tetapi jika Anda dan pasangan melakukannya lebih sering, setiap hari atau setiap berapa jam sekali, itu justru akan berdampak tak baik, karena sel sperma yang dihasilkan pria memerlukan waktu sekitar dua hari untuk ‘matang’.
2. Stop Merokok
Baik Anda maupun pasangan sebaiknya tidak merokok, karena jika Anda merokok 10 batang perhari atau lebih, kesuburan Anda pasti berkurang. “Ada bukti bahwa beberapa bahan kimia dalam asap rokok akan membunuh ovarium. Wanita yang merokok akan mengalami menopause lebih awal karena zat-zat tersebut akan membunuh sel telur mereka, sedangkan pada pria, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa merokok dapat memengaruhi konsentrasi sperma dan motilitas.
3. Menjaga Berat Badan
Satu lagi alasan mengapa Anda harus menjaga berat badan dalam angka yang ideal, wanita yang memiliki BMI lebih besar dari 27 atau kurang dari 17 secara langsung akan mengurangi kesuburan mereka. Berada pada angka tengah akan lebih baik, dan hal ini juga berlaku untuk pria.
4. Hindari Konsumsi Alkohol
Mengkonsumsi lebih dari empat porsi minuman beralkohol dalam seminggu, maka hal itu akan mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko disfungsi ovulasi. Satu porsi minuman beralkohol yang dimaksud dalam artikel ini setara dengan 12 gram alkohol. Ada juga bukti lain yang menunjukkan bahwa sering mengonsumsi minuman beralkohol akan meningkatkan risiko endometriosis.
5. Batasi asupan Kafein
Dalam masa mengusahakan kehamilan, Anda harus bisa membatasi asupan kalori tidak lebih dari 200 mg per hari, atau setara tiga cangkir kopi per hari.
6. Olahraga
Olahraga tentu sangat baik untuk tubuh Anda, namun jangan melakukan olahraga yang terlalu ekstrim. Ada rekomendasi bahwa perempuan dapat melakukan latihan aerobik tetapi tidak lebih dari 7 jam per minggu. Jika lebih dari itu, maka Anda justru memiliki potensi untuk mengurangi kesuburan.
7. Lakukan Seks yang Aman
Menjaga dan melakukan seks tentunya harus yang aman, hal ini untuk melindungi diri Anda dari penyakit seksual menular yang dapat menghalangi kehamilan Anda. Penyakit kelamin jelas memiliki pengaruh buruk pada kesuburan Anda. Klamidia dan gonore pada khususnya sering menyumbat saluran telur wanita.
8. Jangan Menunda Kehamilan
Dan yang tidak kalah penting, jangan menunda kehamilan, hal penting yang harus diketahui para wanita adalah bahwa mereka harus memutuskan kapan mereka akan membangun keluarga di waktu yang tepat, setidaknya hingga awal usia 30-an.

0 komentar:

Download

Popular Posts

Arsip Blog

Sample Text