Home » » Download Game Dham-Dhaman

Download Game Dham-Dhaman


Cara Bermain Dham-Dhaman


  • 0
     


Dham-Dhaman adalah salah satu permainan tradisional dari Indonesia, yang sering juga disebut dengan nama Catur Jawa. Dham-Dhaman berlatar kisah dua kerajaan yang siap beradu kekuatan di suatu medan perang. Masing-masing kerajaan siap mengerahkan prajurit-prajuritnya untuk mengalahkan masing-masing lawan. Tujuannya? Tentu saja untuk mengambil alih singgasana lawan!
Cara bermain Dham-Dhaman sangat mudah sekali! Permainan sederhana ini menggunakan papan petak yang dibagi kedua sisinya untuk daerah kekuasaan dua pemain. Papan petak ini dapat digambar di kertas atau di tanah. Masing-masing pemain dibekali 16 prajurit untuk mengalahkan prajurit-prajurit lawan.
Pemain bergantian menjalankan prajurit masing-masing sebanyak satu langkah. Prajurit lawan dikalahkan dengan cara melompatinya dan menempati tempat yang kosong. Pemain harus berseru, “DAM!” setiap melompati satu pemain lawan. Prajurit yang sudah dikalahkan wajib hengkang dari medan pertempuran. Pemain yang prajuritnya lebih dahulu habis, maka ia kalah.
Ketika prajurit pemain hanya bersisa 2 buah, maka pemain tersebut memiliki keleluasaan untuk menjalankan prajuritnya lebih dari satu langkah pada satu garis lurus. Hal ini juga berlaku jika pemain dapat menduduki sudut-sudut daerah kekuasaan lawan.
Tiap pemain pun harus cermat melihat posisi prajurit lawan dan mencari peluang mengalahkan prajurit yang dimiliki lawan. Jika pemain mengabaikan ini, maka pemain yang berpeluang dikalahkan namun tidak menyelamatkan prajuritnya akan dikenakan sanksi, tiga prajuritnya ditawan dan keluar dari arena permainan.
Nah, sudah siap merebut singgasana lawan? Kamu bisa download papan permainan Dham-Dhaman di link ini. 

0 komentar:

Download

Popular Posts

Arsip Blog

Sample Text