Tips Terbaik Mencari Pekerjaan di 2013. Mencari
pekerjaan memang susah-susah gampang dan gampang-gampang susah. Nah,
jika Anda merasa demikian, tidak ada salahnya Anda coba beberapa tips mencari pekerjaan terbaru 2013 berikut ini sebagaimana yang dikutip dari laman Yahoo! Indonesia.
1. Menulis email yang memukau
Selain mempunyai resume dan surat pengantar yang sempurna, kita
terkadang lupa bahwa email yang kita kirim juga akan meninggalkan sebuah
kesan. Beberapa tip? Tulislah hal yang spesifik pada subjek email dan
menjaganya agar tetap pendek dan manis.
2. Memaksimalkan LinkedIn
Baru-baru ini LinkedIn berbenah, sehingga jangan ragu lagi untuk
memanfaatkan fitur-fitur jaringan ini. Berbagi kabar terbaru dan
artikel, mendapatkan informasi lebih mendalam melihat jaringan Anda,
melihat bagaimana orang menemukan Anda, dan masih banyak lagi.
3. Hindari dosa berburu pekerjaan
Tentu saja, ada dosa berburu pekerjaan yang harus Anda hindari, misalnya
mengirim resume yang berantakan, tetapi ada juga yang dosa yang
samar-samar — misalnya ingin mendapatkan posisi tertentu, pencarian yang
tidak fokus. Ini penting untuk segera diatasi.
4. Akhir pekan yang produktif
Apakah Anda saat ini bekerja dan mencari pekerjaan baru atau Anda
memiliki prioritas lain selama sepekan? Ada strategi tertentu berburu
pekerjaan terbaik disimpan untuk akhir pekan. Lain kali jika Sabtu telah
tiba, manfaatkan waktu dengan mengatur pertemuan dengan kontak
profesional yang tidak punya waktu selama hari kerja. Luangkan waktu
untuk belanja setelan jas, atau bikin rencana untuk pekan depan.
5. Gunakan template yang gratis dari internet
Jika ada alat di luar sana untuk membantu membuat lebih mudah mencari
pekerjaan, Anda setidaknya harus mencobanya sesekali. Salah satu yang
paling efektif dan murah (baca: gratis) untuk mengatur pencarian kerja
Anda adalah Google Doc Template. Gunakanlah untuk mengunduh model
dokumen yang relevan seperti Network Tracker dan menyesuaikan mereka
berdasarkan lamaran Anda.
6. Hindari kesalahan dalam CV
Kesalahan ejaan dan kesalahan ketik lainnya bukan satu-satunya kesalahan
yang paling banyak dibuat pencari kerja. Informasi yang tidak relevan,
prestasi yang tidak jelas, atau menggunakan email norak adalah beberapa
hal yang harus dihindari.
7. Mengambil keuntungan dari jejaring sosial
Kita tidak selalu mempertimbangkan jejaring sosial sebagai alat yang
ampuh dalam berburu pekerjaan. Padahal hal itu benar bermanfaat. Para
perekrut menggunakannya untuk mencari karyawan potensial dan Anda akan
banyak membantu diri sendiri dengan menjadi kreatif dan aktif (tapi
tidak berlebihan) dan mengikuti tip penting lainnya.
8. Tetap optimistis
Berburu pekerjaan bisa jadi sangat melelahkan, tetapi tidak peduli apa
pun yang terjadi, sangat penting untuk menemukan cara-cara menjaga sikap
positif melalui semua itu. Hal itu mungkin lebih mudah diucapkan
daripada dilakukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa tetap bersikap
positif menjamin kesempatan yang lebih baik untuk sukses dan orang-orang
yang tetap optimistis selama perburuan, mendapat pekerjaan setelah
empat bulan.
9. Kuasai pembuatan surat pengantar
Banyak-banyaklah mencari tip dalam menulis surat lamaran. Hal itu bisa
menjadi faktor penentu dalam ditolak atau diterimanya lamaran Anda.
Beberapa hal yang perlu diingat: fokus pada perusahaan, bukan diri
sendiri, buat setiap lamaran mempunyai nada yang berbeda. Dan selagi
Anda melakukannya, pahamilah kesalahan dalam surat lamaran lalu
hindarilah.
10. Minta referensi dari orang yang Anda kenal
Jika Anda kebetulan mengenal seseorang di sebuah perusahaan dengan
posisi ideal – Hebat! Tapi itu tidak berarti Anda hanya perlu
memberitahu rekan Anda tentang minat Anda, dan hal ajaib akan langsung
terjadi. Masih ada banyak hal untuk dilakukan dan jangan meminta
referensi pribadi yang dapat membuat perbedaan besar.
11. Simulasi wawancara kerja
Apakah Anda punya sejumlah janji wawancara atau masih menunggu? Ada
banyak manfaat mempersiapkan jawaban Anda untuk pertanyaan wawancara
kerja yang paling umum. Mulai dari “Mengapa Anda ingin bekerja untuk
kami?” sampai “Apa kelemahan terbesar Anda?”, persiapkanlah dengan baik,
dan Anda akan berada 10 langkah di depan orang lain.
0 komentar:
Posting Komentar