Home » , , » Software Pencegah Mata Pedih

Software Pencegah Mata Pedih

Apakah Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer? Jika ya, Anda pasti familiar dengan beberapa masalah kesehatan sepertingelu, mripat perih, mata gatal atau lelah. Semua masalah kesehatan ini menandakan kita menatap layar komputer terlalu lama. Cara untuk mengurangi masalah-masalah kesehatan ini adalah mengurangi aktivitas kita di depan komputer. Berjalan-jalan atau melihat keluar jendela kantor atau rumah adalah cara-cara yang efektif untuk meredakan masalah pada mata kita. Sayangnya, kita kadang-kadang merasa malas untuk berdiri dan berjalan-jalan setelah kita lama duduk di depan komputer. Kadang-kadang kita juga lupa kapan kita harus beristirahat terutama saat kita sedang asyik bekerja.
Berikut empat aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengingatkan Anda kapan harus beristirahat:
EyeDefender
EyeDefender bekerja dengan prinsip yang sama seperti aplikasi-aplikasi yang berfungsi membantu mata untuk beristirahat-software ini berfungsi sebagai break reminder. Tapi karena EyeDefender merupakan software komputer, sulit untuk mengabaikannya.
Aplikasi ini berjalan di tray, dan menghitung mundur waktu istirahat berikutnya. Saat waktunya tiba, Anda bisa memilih empat aktivitas berbeda supaya mata kita bisa beristirahat: melihat gambar-gambar yang Anda inginkan, melakukan olahraga mata, mengaktifkan screensaver atau memunculkan pesan pengingat .
Download disini
Workrave
Workrave adalah sebuah break reminder yang bersifat open source yang meliputi beberapa jenis pengingat: jangka pendek, panjang dan batasan penggunaan komputer per hari. Saat waktunya Anda beristirahat, aplikasi ini akan mengunci komputer Anda sampai waktu beristirahat selesai (atau kalau  Anda ingin menunda atau melewatinya).
Selama beristrirahat, Anda bisa bangun dari komputer, melihat-lihat hal lain atau melakukan beberapa latihan yang disediakan di tampilan antar-mukanya.
download disini
f.lux
Jika Anda ingin meredakan mata yang sakit saat Anda bekerja, f.lux adalah solusi yang hebat. Aplikasi ini secara otomatis mengubah tingkat kecerahan layar monitor sesuai dengan cahaya yang ada di lingkungan, sehingga bisa mencegah mata pedih karena menatap layar komputer yang sangat cerah di sebuah ruangan yang gelap.
Yang harus Anda lakukan adalah memberikan informasi lokasi Anda, dan f.lux secara otomatis akan menentukan kapan matahari terbit dan seterusnya menyesuaikan cahaya layar komputer dengan cahaya ruangan.
download disini
Sunglasses
Sunglasses adalah ekstensi Chrome yang mengijinkan Anda mengontrol tingkat cahaya di browser sehingga berbeda dengan setting di monitor.
Katakanlah Anda membaca sebuah artikel panjang di Chrome, dan akhirnya merasa kalau browser Anda terlalu cerah. Klik ikon kacamata di sebelah kanan atas, pilih tingkat kecerahan yang Anda inginkan dan klik “save”. Anda bisa terus membaca atau bekerja di tempat yang lebih gelap atau lingkungan yang redup. Perubahan cahaya ini hanya terjadi di browser Anda.
Ingin pasang? klik ini…….

0 komentar:

Download

Popular Posts

Arsip Blog

Sample Text