Home » » Pengertian Tentang Proxy

Pengertian Tentang Proxy

Ulasan Tentang Proxy

Sebagai pengguna komputer modern perlu memahami berbagai istilah internet yang kompleks. Gambaran singkatpun dapat membantu memberikan pemahaman dasar tentang makna kata-kata tertentu. Dalam rangka untuk memahami tujuan dari sebuah server proxy dalam hal sederhana, mempertimbangkan bagaimana mereka biasanya digunakan. Contohnya pada pekerjaan, karyawan sering mengakses internet melalui proxy server. Sebuah perusahaan besar mungkin menggunakan satu proxy untuk mengelola jaringan lokal. Hal ini memungkinkan karyawan untuk menggunakan internet sambil mengamati aturan yang ditetapkan oleh perusahaan.
Hal ini memberikan beberapa manfaat untuk manajemen perusahaan. Misalnya, majikan mungkin ingin membatasi akses ke situs web tertentu pada jaringan lokal.Jika produktivitas karyawan telah dirugikan oleh akses ke jaringan sosial, majikan dapat memilih untuk memblokir situs yang menggunakan server proxy. Fitur keamanan dapat mengontrol akses ke data yang sensitif. Juga, karyawan mungkin mampu memuat file yang relevan lebih cepat. Data yang masuk dan keluar dapat dipindai untuk virus. Selain itu, aktivitas pengguna pada jaringan dapat direkam dan login untuk tujuan audit.
Jadi, apasih sebenarnya proxy itu? Mari kita lihat ulasan lengkap dibawah ini.

Pengertian Proxy

Proxy merupakan komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.
Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik. Proxy server memiliki lebih banyak fungsi dari pada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan.

Jenis Proxy

  • Transparan Proxy
    Jenis server proxy ini mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy dan juga membuat alamat IP asli tersedia melalui http header. Ini umumnya digunakan untuk kemampuan mereka untuk website cache dan tidak secara efektif memberikan anonimitas apapun untuk mereka yang menggunakannya. Namun, penggunaan proxy transparan akan membuat Anda terkena IP Banned. Ini transparan dalam hal alamat IP Anda terlihat publik, bukan transparan dalam istilah yang Anda tidak tahu bahwa Anda menggunakannya.
  • Anonymous Proxy
    Jenis server proxy ini mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy, tetapi tidak membuat alamat IP yang asli tersedia. Jenis server proxy terdeteksi, tetapi memberikan anonimitas wajar bagi sebagian besar pengguna.
  • Distorting Proxy
    Jenis server proxy ini mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy, tetapi membuat alamat IP yang salah dan asli tersedia melalui http header.
  • High Anonymous Proxy
    Jenis server proxy ini tidak mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy dan tidak menyediakan alamat IP asli.

Cara Kerja Proxy

Proxy server bekerja dengan mendengarkan request dari client internal dan mengirim request tersebut ke jaringan eksternal seolah-olah proxy server itu sendiri yang menjadi client. Pada waktu proxy server menerima respon dan server publik, ia memberikan respon tersebut ke client yang asli seolah-olah ia public server.

Cara Memasang Proxy

Internet Explorer:
  1. Buka program Internet Explorer
  2. Klik www.checkip.org catat berapa nomor IP komputer Anda.
  3. Klik menu Tools > Internet Options > Connections
  4. Klik di koneksi yang Anda gunakan (modem atau LAN?). Klik tombol Settings
  5. Centang kotak Use a proxy server for this connection
  6. Isikan nomor proxy dan port pada formnya masing-masing.
  7. Centang kotak By pass proxy server for local addresses.
  8. Klik tombol OK
  9. Selesai. Sekarang check IP Anda apakah sudah berubah atau belum dengan mengklik www.checkip.org Jika sudah berubah berarti proses setting proxy sukses.
Mozilla Firefox:
  1. Buka program Mozilla Firefox anda.
  2. Klik www.checkip.org catat berapa nomor IP komputer Anda
  3. Klik menu Tools > Internet Options > Advance > Network
  4. Di bagian Connection klik  tombol Settings
  5. Muncul jendela Connection Settings
  6. Pilih Manual proxy configuration
  7. Isikan nomor proxy dan port pada formnya masing-masing.
  8. Centang kotak Use the proxy server for all protocols
  9. Klik tombol OK
  10. Selesai. Sekarang check IP Anda apakah sudah berubah atau belum dengan mengklik www.checkip.org Jika sudah berubah berarti proses setting proxy sukses.
Google Chrome:
  1. Buka program Google Crome Anda
  2. Klik www.checkip.org catat berapa nomor IP komputer Anda
  3. Klik menu Setting > Show Advance Setting >  Change proxy settings
  4. Muncul jendela Internet Properties, pilih tab menu Connections lalu klik LAN Settings.
  5. Kemudian muncul menu Local Area Network (LAN) Setting, centang pada Use a proxy server for your LAN
  6. Masukan proxy pada kotak Address dan masukan portnya pada kotak Port, kemudian klik Ok.
  7. Selesai. Sekarang check IP Anda apakah sudah berubah atau belum dengan mengklik www.checkip.org Jika sudah berubah berarti proses setting proxy sukses.

Situs Penyedia Proxy

  1. proxy-list.org
  2. nntime.com
  3. hidemyass.com
  4. spys.ru
  5. aliveproxy.com
  6. www.xroxy.com
  7. www.proxylist.net
  8. proxies.my-proxy.com
  9. sockslist.net
  10. www.cool-proxy.net

0 komentar:

Download

Popular Posts

Arsip Blog

Sample Text